Senin, 03 Januari 2011

Tim Dakwah Super

Energi baru, di tahun yang baru (2011)
Bismillah......
                                               ***

Saudara/i-ku, pernahkah terbayang jika engkau memiliki tim dakwah yang SUPER. Tim dakwah yang juara. Tim dakwah yang luar biasa. Tim dakwah yang selalu bisa diandalkan. Itulah tim dakwah impian.
Tim dakwah layaknya Rasul dengan para sahabatnya. Sebuah tim yang kompak, solid, yang senantiasa bergerak dan terus bergerak, istiqomah dengan pemimpinnya, memiliki ide-ide cerdas mengatasi masalah, senantiasa kreatif dan inovatif, dinamis/tidak monoton, dan terus aktif.


Tim dakwah yang kemudian ditakuti lawan-lawan islam. Tim dakwah yang kemudian terbukti akhirnya menjadi pemimpin dunia, serta menaklukkan dibawah panjinya sepertiga bumi ini. Subhannallah.... Terbayangkah olehmu tim dakwah seperti apa itu?
Tim dakwah ini bukan tim dakwah biasa. Sebuah tim yang akan terus maju dengan semua rintangan yang menghadang. Dan ini bukan tim dakwah yang cengeng. Sedikit-sedikit lesu, lemah, letih dan loyo. Hehe….ga bergairah banget….

Dia akan tetap bergerak diantara semua gerakan dakwah yang sedang loyo. Dia akan terus melawan dan tidak akan pernah berhenti sampai tuntutan dan tujuannya tercapai. Dia juga tidak akan mempan hanya dengan gertakan-gertakan kecil lawannya. Bahkan, musuhnya akan ciut jika sudah berhadapan langsung dengannya.
Dia tidak akan berhenti hanya gara-gara kekurangan dana. Dia tidak akan berhenti hanya karena ada anggotanya yang sakit. Dia tidak akan berhenti dengan semua cuaca, baik hujan, panas dan badai sekalipun menghadang.

Pernahkan terdengar olehmu ada juga tim dakwah atau anggota dakwah yang gampang sekali menyerah hanya karena alasan-alasan sepele kawan?? Kurang duitlah, kurang waktulah, kurang tenagalah. SORI kawan, tim dan anggota seperti ini layaknya perlu diturunkan lagi tingkat pembinaannya, gembleng lagi, bina lagi, jika tetap tidak berubah ‘binasakan’ saja kawan. Dakwah tidak membutuhkan orang-orang yang lelet, lemot dan orang-orang yang hanya menambah beban perjalanan berat ini.
Kembalikan saja dia ke orang tuanya lagi kawan?!!!

3 PRINSIP
Bagaimana karakter tim tersebut?....
Mereka memiliki prinsip-prinsip yang luar biasa. Yang tidak akan pernah dimiliki oleh tim-tim lain. Prinsip ini menjadi senjata rahasia mereka mengalahkan semua rintangan tersebut. Dengan prinsip inilah, mereka dikenal sebagai tim dakwah SUPER.

  • Prinsip pertama; NO IF 
Di dalam kamus pergerakan dan perjalanan dakwah mereka, tim ini tidak mengenal kata jika. Saya dakwah jika saya sudah lulus saja ah, kami akan mengadakan training ini jika tim kami sudah punya backing dosen. Saya akan kontak jika saya sudah semester 5 saja. SEKALI LAGI MEREKA TIDAK MENGENAL KATA JIKA. Jadi sekarangpun tanpa menunggu lulus mereka berdakwah, tanpa menunggu memiliki backingan dosen mereka akan tetap mengadakan training tersebut, tanpa menunggu semester 5 pun, mereka setiap hari melakukan kontak.

  • Prinsip kedua; NO BUT
Tidak ada kata tapi untuk urusan dakwah bagi mereka. Tapikan saya masih muda, tapikan saya belum pantas, tapikan saya belum waktunya, tapikan saya belum memiliki tsaaqofah yang banyak, tapikan saya baru masuk halaqah ini. KAPAN MAJUNYA AKH/UKH, nunggu ditendang sama musuh??
SEKALI LAGI MEREKA TIDAK MENGENAL KATA TAPI. Mereka terus maju dengan semua keterbatasan yang dimiliki.

  • Prinsip ketiga; NO REASON
Tidak ada alasan bagi mereka untuk berhenti atau tidak melakukan dakwah. Waduh, saya masih sibuk sekarang, tahun depan aja ya?. Maaf, saya sedang banyak keperluan, lain kali saja. Waduh, tanggungan saya sedang banyak nih, gimana ya, ditunda aja dulu. Wah besok pelajarannya ga bisa ditinggalin, nantikan nilai ane jelek, kontaknya lain kali lagi ya?.

SEKALI LAGI KAWAN. Mereka tidak mengenal kata jika, kata tapi, dan alasan-alasan yang membuat dakwah berhenti bahkan mati. Yang mereka kenal adalah bagaimana caranya. Mereka tidak mengenal IF, BUT dan REASON, mereka hanya mengenal ide, cara dan solusi mengatasinya. Yaitu untuk menghilangkan IF, BUT & REASON tersebut.

MENGAPA TIDAK
Dan untuk meraih sasaran, target dan tujuan mereka, mereka tidak mengenal kata mundur, tidak mengenal kata TIDAK BISA. Yang mereka kenal hanyalah MENGAPA TIDAK.

Waduh akh/ukh, kayaknya kampus ini tidak bisa ditembus, penghalangnya terlalu kuat, mungkin kita cari kampus lain saja akh/ukh, mundur kali ya. JAWABNYA, mengapa mundur?

Wah, kayaknya kalau mendatangkan 100 peserta untuk training kita kali ini tidak bisa akh/ukh. JAWABNYA, mengapa tidak?

Bahkan bagi mereka jika ada pernyataan atau pertanyaan seputar dakwah yang dianggap TIDAK bisa dicapai dan utopis mereka selalu menepisnya dengan mengatakan, MENGAPA TIDAK?. Sehingga dalam benak mereka tidak ada ruang untuk berpikir susah, sulit dan apalagi menyerah.

CONTOH KONKRIT KETIKA UMAT MUSLIM TIDAK MUNGKIN BISA DISATUKAN. Mereka menjawab mengapa tidak??
Dan setelah mereka mengatakan mengapa tidak, diantara yang lain hanya berpikir mustahil dan akhirnya tidur dalam ketidakbisaan dan keputusasaannya, Tim ini terus berdakwah membangunnya sedikit-demi sedikit dan senantiasa mencari solusi pemecahannya dan niscaya umat Muslim bisa disatukan. Dan saat itu, mereka yang meragukan……… hehe. Anda akan tahu sendiri.
MARI JADI TIM SUPER KAWAN. ALLAHUAKBAR 1 JUTA KALI. (The Fatih)

sumber: dakwahkampus.com

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar